27
Sep
11

Walah, begini lho cara nyetel rantai yang bener.

Mas bro..kalau sampean suka banget sama motor bekonsep street fighter atau racing ternyata ada cara tersendiri saat nyetel rantai. Sering kali motor yang sudah dimodifikasi ke jalur street fighter atau racing pantatnya suka dinaikin atau karena shockbreker depan dibikin rendah. Biar kesan aerodinamika racingnya dapet, dan keliatan street fighter banget. Berikut ada tips berdasar pengalaman dari teman saya yang motor Scorpio Z -nya dibikin nungging.

Biasanya motor standar posisi swingarms-nya sejajar, itu bisa dilihat saat motor distandar tengah (dijagang tengah) maka posisi ban dan swingarms tidak terlalu turun atau malah ikutan naik. Tapi bila swingarms sengaja ditinggikan maka saat distandar tengah akan tampak turun dan roda belakang hampir menyentuh tanah. Karena memang motor keluaran standar pabrik pantatnya tidak terlalu nungging.

Mas bro sekalian kudu lebih ekstra hati-hati bila nyetel rantai dibengkel-bengkel yang mekaniknya minim pengalaman akan hal seperti ini. Kadang-kadang kita sering minta tolong tukang tambal ban untuk nyetelin rante motor kita yang udah kendor. Maka mas bro musti peringatin ke mekanik atau tukang tambal ban agar nyetel rantenya dibarengin dengan posisi jok belakangnya diturunin dulu. Ditekan atau didudukin biar dapet beban dan posisinya bisa turun, lebih bagusnya lagi bila sering berboncengan bebannya bisa ditambahin jadi dua orang. :mrgreen:

Hal seperti ini memang kelihatannya sepele, namun ada dampak negatifnya. Salah satunya saat motor jalan dengan membawa tandem dibelakang kemudi, posisi jok atau pantat motor otomatis akan turun sedangkan posisi arms akan lurus horisontal. Nah bila sudah begini rantai motor akan jadi kendor, bisa bro sekalian rasakan rantai akan mengeluarkan suara seakan-akan rantai sudah kendor atau karena gear udah aus. Kracak..kracak..kracakkkkk…..gitu bunyinya kira-kira :mrgreen: Selain itu rantai akan tampak kusut atau melipat-lipat, dampak yang ditimbulkan salah satunya selain rawan putus gear juga akan cepat aus atau ompong.

Monggo dishare..semoga bermanfaat… 🙂

 

 

Iklan

29 Responses to “Walah, begini lho cara nyetel rantai yang bener.”


  1. 28 September 2011 pukul 03:00

    absen dimarih…wew…tukang tambal ban harus sedia semen 1sak buat ngasih beban ke motor pas nyetel rante…hehehehehe…..

  2. 16 Pak Bambang Nunggang Byson
    28 September 2011 pukul 05:22

    apik apik apik

    • 27 motorjoss
      28 September 2011 pukul 13:44

      wah..ternyata masih banyak yang belum menyadarinya 😀
      silakan dipraktekkan mas bro..biarpun kelihatannya sepele tapi penting juga…

  3. 28 Dismas
    1 Oktober 2011 pukul 07:02

    ooo, itu soale karena tipenya monosok brooo… cmiiw… Satria FU jg gitu.

  4. 25 November 2011 pukul 21:43

    nggak punya motor nungging


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Experience:

  • 165,466 points

Member of:

Yang punya warung:

Kalender:

September 2011
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: