Mas bro..kalau sampean suka banget sama motor bekonsep street fighter atau racing ternyata ada cara tersendiri saat nyetel rantai. Sering kali motor yang sudah dimodifikasi ke jalur street fighter atau racing pantatnya suka dinaikin atau karena shockbreker depan dibikin rendah. Biar kesan aerodinamika racingnya dapet, dan keliatan street fighter banget. Berikut ada tips berdasar pengalaman dari teman saya yang motor Scorpio Z -nya dibikin nungging.
Biasanya motor standar posisi swingarms-nya sejajar, itu bisa dilihat saat motor distandar tengah (dijagang tengah) maka posisi ban dan swingarms tidak terlalu turun atau malah ikutan naik. Tapi bila swingarms sengaja ditinggikan maka saat distandar tengah akan tampak turun dan roda belakang hampir menyentuh tanah. Karena memang motor keluaran standar pabrik pantatnya tidak terlalu nungging.
Mas bro sekalian kudu lebih ekstra hati-hati bila nyetel rantai dibengkel-bengkel yang mekaniknya minim pengalaman akan hal seperti ini. Kadang-kadang kita sering minta tolong tukang tambal ban untuk nyetelin rante motor kita yang udah kendor. Maka mas bro musti peringatin ke mekanik atau tukang tambal ban agar nyetel rantenya dibarengin dengan posisi jok belakangnya diturunin dulu. Ditekan atau didudukin biar dapet beban dan posisinya bisa turun, lebih bagusnya lagi bila sering berboncengan bebannya bisa ditambahin jadi dua orang.
Hal seperti ini memang kelihatannya sepele, namun ada dampak negatifnya. Salah satunya saat motor jalan dengan membawa tandem dibelakang kemudi, posisi jok atau pantat motor otomatis akan turun sedangkan posisi arms akan lurus horisontal. Nah bila sudah begini rantai motor akan jadi kendor, bisa bro sekalian rasakan rantai akan mengeluarkan suara seakan-akan rantai sudah kendor atau karena gear udah aus. Kracak..kracak..kracakkkkk…..gitu bunyinya kira-kira Selain itu rantai akan tampak kusut atau melipat-lipat, dampak yang ditimbulkan salah satunya selain rawan putus gear juga akan cepat aus atau ompong.
Monggo dishare..semoga bermanfaat… 🙂
Sip
aman dah…
masuk
sipsipsip…
Sip infonya mas bro…
Skalian nitip yaaa…
thanks 🙂
monggo kang..silakan…ga nitip nopenya mbak risma sekalian? 😀
waw mantab tuh!
Salam kenal
http://www.jheren.wordpress.com/2011/09/27/bloggernarablog-apaan-tuh/
thanks gan..salam kenal juga…
jos
titip
aha…
mantep
puooollllll………
Nggeh..
Nitip bro..
absen dimarih…wew…tukang tambal ban harus sedia semen 1sak buat ngasih beban ke motor pas nyetel rante…hehehehehe…..
hahaha…jangan semen lah..cukup yg punya motor aja 😀
apik apik apik
tengkyu PBNB
nice inpoh kang…coba ah ntar…salam kenal
http://karisnsz.wordpress.com/2011/09/27/suzuki-nex-next-leader-skutik/
monggo..silakan dipraktekkan
siip share infonya
thank salam kulit bundar
okeks..
jossss…
wah tatone reeek 😀
badan ceking..tato cacing.. 😀
ow gto, baru tahu aku, nice info gan..
Sekalian numpang nitip:
wah..ternyata masih banyak yang belum menyadarinya 😀
silakan dipraktekkan mas bro..biarpun kelihatannya sepele tapi penting juga…
ooo, itu soale karena tipenya monosok brooo… cmiiw… Satria FU jg gitu.
nggak punya motor nungging