18
Okt
11

NMPmu tiba-tiba mati? Eits..jangan buru² ambil keputusan.

Udah lama juga saya nggak ngisi artikel di blog ini,eh..ternyata kangen juga. Sekalian memaksimalkan kinerja otak dengan menulis, muosooookkkk………. :mrgreen:
Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita tentang masalah-masalah non-teknis dari NMP (New Mega-Pro). Kebetulan saya juga baru tiga minggu menungganginya, dan sedikit banyak saya menghafal himbauan-himbauan yang nempel dibeberapa bagian motor ini. Dulu saya pernah dengar dari para penunggang NMP terdahulu bahwa motor ini ada cacatnya “kalo digeber agak kenceng dikit kadang-kadang mesin tiba-tiba mati“. Dengan wajah berkerut saya heran sekaligus nggak percaya karena pada kenyataannya sehari bisa sampai sepuluh kali saya ketemu orang nunggang motor yang notabene “the real street fighter” ini. Dalam hati saya bertanya “motor cacat gini kog banyak yang pake’ yaaaa…”
Eits..tunggu dulu mas bro, ternyata ada sesuatu dibalik masalah-masalah yang kerap diomongin orang tentang masalah dari motor ini. Dan ternyata setelah diselidiki dan usut punya usut ada masalah non teknis sehingga motor (NMP) ini tiba-tiba mati ditengah jalan saat digeber sekenceng-kencengnya.
Mungkin kebanyakan dari mas-bro udah mengetahui masalah ini. Tapi bagi mas-bro yang butuh refrensi dan kebetulan menunda keinginan untuk beli motor ini gara-gara berita tentang masalah non-teknis di motor ini mungkin tulisan saya ini bisa sedikit membantu keraguan mas-bro.

Memang setelah dibawa ke bengkel atau atas pengalaman mas-bro soal teknik otomotif masalah itu ada pada karburator. Dan itu sudah pasti benar..tapi bukan karena karburatornya yang rusak lho… Melainkan ada sebab non-teknis yang dikarenakan pemilik NMP ini kurang teliti atau bahkan tidak membaca tentang himbauan yang ada.
Salah satu contoh kasus pemilik NMP ini menaruh jas hujan atau mantel di bawah jok. Padahal disitu sudah jelas tertulis “Jangan menyimpan benda apapun di bawah jok (kain, lap, kertas, dll) yang dapat menutupi saluran udara.”
Memang sih..himbauan tersebut tidak tertulis dengan cetak berwarna yang dapat memudahkan pemiliknya untuk membacanya. Namun bagaimanapun pemilik kendaraan maupun mekanik harus teliti dengan masalah non-teknis seperti ini.

Di samping itu ada beberapa hal yang juga harus dicermati. Terutama saat pencucian motor. Hindari penyempotan dengan air bertekanan tinggi. Terutama dari bawah tutup tangki. Karena ada lubang ventilasi. Air yang mengandap akan menghambat lubang pernapasan tangki.

Jadi bila ada masalah non-teknis yang lain monggo mas-bro dishare pengalamannya tentang motor yang satu ini.. 🙂

Iklan

26 Responses to “NMPmu tiba-tiba mati? Eits..jangan buru² ambil keputusan.”


  1. 1 bjl
    18 Oktober 2011 pukul 16:40

    kelemahan sport honda ya di tutup tangki. air masuk bikin mogok atau tangki korosi.
    udah dari jaman gl jadul

  2. 3 nick69
    18 Oktober 2011 pukul 16:41

    Joss..
    Nice info
    Ngeri pas nyalip truk gandheng tiba2 mesin mati ö

  3. 5 zaqlutv
    18 Oktober 2011 pukul 17:01

    lobang filter udara dibawah jok yach? hmm kayak byson donk?

  4. 18 Oktober 2011 pukul 17:55

    bukan hanya nmp saja mas bro, mp sebelumnya juga seperti itu kok kasusnya…. 🙂
    btw nais inpo dehh…

  5. 9 knalpot_ambeien..
    18 Oktober 2011 pukul 19:13

    guuut..
    nyong yo pingin nduwe nmp..

  6. 18 Oktober 2011 pukul 20:00

    sip infox,jangan lupa cek soket tps di karbu,jangan sampe kemasukan air
    salam kenal mas bro
    http://nanared.wordpress.com

  7. 18 Oktober 2011 pukul 20:33

    penting pikson
    kencang pikson
    laris pikson
    gagah pikson
    irit pikson
    NMP????
    ^^ bukan BC loo, ane pun meggi rider

  8. 18 redbullrider
    19 Oktober 2011 pukul 16:00

    sip, jangan lupa isi bensin, kalo abis bisa mati tiba2… wiqiqiqi…

  9. 19 nmp rider
    30 Oktober 2011 pukul 11:58

    wah,untung saya belum pernah kejadian kayak gitu termasuk tangki kemasukan air…

  10. 20 boombox walker
    31 Oktober 2011 pukul 14:01

    infonya keren bro. emang, kadang pengendara indonesia taunya make doank. trus, pas beli yg penting barang cepet dateng tanpa memperhatikan apa yg jadi poin2 penting. trus klo kenapa2 dg motornya marah2 bilang motor jelek. ini yg mesti jd perhatian. sbg konsumen, kita2 juga kudu pinter. jgn asal ngikut doank.

  11. 20 Januari 2012 pukul 17:12

    Saya sih blm pernah mengalami mati tiba2 saat rpm tinggi om 🙂 semoga tidak akan pernah.
    Saya pernah membaca blog seseorang yg bilang klo NMP ok di RPM tinggi. Benarkah?

  12. 23 kemen
    29 Januari 2012 pukul 06:54

    tiba2 kepikiran nih bro, moga didengar para atpm besar…….

    saya sih penginnya ada motor laki murah dari SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, BAJAJ, hONda, dll untuk para tukang ojek disana,
    ga perlu fitur yang neko2 macam SKS, RDB, radiator, DOHC, digital spido, led lamp, dan fitur2 mubazir lainnya

    yang penting tahan banting, mumpuni diajak nanjak extreme, kualitas bagus, 3S spare part murah dan gampang, tangki awet, power mesin cukup gede utk dipake ditanjakan pegunungan yg sering dipake tukang ojek ato rakyat2 kecil lainnya

    kira2 begini speknya:
    kalo bisa harga 15jt-an sampai under 18jt aja
    150cc 4tak SOHC, 20 PS, manual clutch,torsi bawah gede, karbu (kalo bs injeksi)
    rangka besi tubular standar no coak
    sok belakang stereo
    lengan ayun aluminium
    lampu standar bulat klasik
    spido analog standar aja
    model tangki dibuat agak rata, agar bisa dipake naikin barang bawaan yg kecil
    tutup tangki model ninja, biar air ga gampang masuk!
    rem depan cakram, belakang tromol
    pelk jari-jari aja
    desain moncong knalpot mancung keatas, antisipasi banjir gede bo..

    mungkin spek ini lebih bisa diterima kalangan rakyat kecil, terutama para ojeker di daerah pegunungan tinggi yang banyak tanjakan

    sebenernya dah ada thunder 125, sayang cc-nya cuma 125cc.
    dan pulsar 135 hanya 135cc

    ato bisa juga ngambil dari basis mesin vixion/byson/satria FU yg udah 150cc

    moga2 aja ada yang mau dengar!!!

  13. 24 alex
    11 Maret 2012 pukul 11:05

    tak share neg fb ya

  14. 25 wobby032
    11 Maret 2012 pukul 11:57

    ane seringnya pas d rpm 6000 suka ngemPOSS 😥
    baru msk 60 km/h deh ..
    ndut2an NMPnya -_-

    jadi ngeri mau nyalip angkot 😀
    hehe

    ternyata eh ternyata setelah service di ahass + pake pertamax ..
    lancar2 aja om 😀
    no brebet no ngempos ..

  15. 26 sinyo
    14 Agustus 2012 pukul 14:33

    udah lama aku pakai NMP tarikan ngak masalah karbu ngak masalah…banyak orang jelekin nmp dan mengira nmp ngak bagus tanki nya tps nya ke air …yang kaya gtu nmp orangnya yang ceroboh nmp aku cuci ngak masalah semprot keras pakai air ngak maslah..rmp diatas 600 ok..apalagi di geber gas poolll ommmmm bisa sampai 135 mas/om


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Experience:

  • 162,684 points

Member of:

Yang punya warung:

Kalender:

Oktober 2011
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: