01
Feb
12

Ban racing emang keren, tapi…

Para agan dan aganista pecinta otomotif roda dua, kita sering bingung dan kadang-kadang salah memilih ban yang cocok untuk motor kita. Ada dua tipe biker yang memilih ban menurut gaya dan kebutuhannya masing-masing.

Yang pertama biker dengan gaya dan selera style yang tinggi. Biker semacam ini biasanya mudah terpengaruh gaya musiman alias ikut-ikutan. Malah kadang-kadang kebablasan dan menjelma menjadi alay. :mrgreen:  Dengan menomor duakan fungsi dan keamanan ban yang mereka pilih tanpa berpikir resiko dan akibat apabila memilih ban yang salah atau tidak tepat guna. Dijalanan dan bahkan sering membuat kita geram banyak alay’ers memakai ban yang super slim mirip ban becak. Gaya seperti ini sudah sangan nge-trend dan menjadi ciri khas mereka. Padahal kita tau sering terjadi kecelakaan akibat penggunaan ban seperti ini. Ban seperti gambar disamping biasanya sering dipakai untuk Drag Bike, kita juga pasti udah tau seperti apa Drag Bike itu. Sangat berbahaya tentunya bila ban seperti ini digunakan dijalan umum. Ukuran dan grip tau kembangannya didesain bukan untuk daipakai sehari-hari. Untuk gaya sih oke.. “oke pale lo…” :mrgreen: Jadi pikir kembali jika anda ingin memakai ban seperti ini untuk sehari-hari bahkan long ride atau touring.

Dan tipe biker yang kedua adalah “Sadar tapi kadang salah jalan”. Mengapa saya sebut demikian karena kita juga kadang kurang tepat memilih ban yang sesuai. Dari segi ukuran saja tidak menutup kemungkinan bisa merugikan pengguna ban seperti gambar disamping. “Pilih yang intermediate,biasanya kembangannya banyak dan ada seperti jalur air dibagian tengahnya. Jangan pilih yang kembangan sedikit, ntar gak nggigit ke aspal saat jalanan basah” ujar bro Felix rider Yamaha Scorpio.

Kita juga pastinya sudah tau akibat memilih ban dengan compound atau tekstur yang lembek. Selain usianya yang pendek sudah pasti akan lebih boros. “Masak kita mau ganti ban setahun enam kali???”

Ban Corsa S123

Saya pribadi lebih memilih ban intermediate seperti diatas (Corsa S123) karena kembangannya banyak dan ditengahnya (kembangan zigzag) ada jalur airnya. CMIIW

Ban semacam ini (intermediate) sudah terbukti cukup handal menerjang genangan air dan segala macam wajah jalanan negeri kita ini. Sekali lagi saya tekankan untuk lebih mengutamakan keamanan, karena dengan rasa aman kita juga dapatkan rasa aman. “Gaya itu nomor sekian gan…: :mrgreen:

Iklan

44 Responses to “Ban racing emang keren, tapi…”


  1. 1 Februari 2012 pukul 22:36

    bebekq pantes ga nganggo corsa?

  2. 1 Februari 2012 pukul 22:42

    naghh, itulah dilemaku, ban belakang udah gundul
    tapi nyari yg kembangan macam gini agak susah
    klo corsa, aku takut hamil …
    merek lain belum ketemu
    make IRC seperti bawaan pabrik mubazir … lha wong di India sono pake ukuran 110/90, mossok neng kene mung 100/90
    hmmm pengen ban Byson, tapi kembangane kok agak meragukan untuk yg ekstrem 🙄

  3. 12 karismanis
    1 Februari 2012 pukul 22:47

    yang penting nggrip, gak harus soft tyre

  4. 1 Februari 2012 pukul 23:36

    motor anda cacingan, cepet lempar saja :mrgreen:

  5. 22 bedomo
    1 Februari 2012 pukul 23:49

    Terlalu kecil,terlalu gede sama alaynya

  6. 4 Februari 2012 pukul 13:43

    ra po po ganti terus… lagian kan kualitas sip to???? g rugi pakai ban racing..

  7. 6 Februari 2012 pukul 20:08

    “ama biker dengan gaya dan selera style yang tinggi. Biker semacam ini biasanya….”

    buat saya, biker yang punya selera tinggi adalah pastilah gak gampang kena tren sesa(a)t dan pastinya juga gak pake ban tipis buat harian 😆

    • 19 Maret 2012 pukul 11:57

      setujuh. biker berselera tinggi tahu betul mana style berkualitas dan yang mana yang engak. ban cacing buat gaya? keliatan keren? buat saya malah keliatan jelek banget. banyak orang pingin motor kekar dan gagah lah kok sekarang trennya malah ke ban anoreksia.

      coba ade rai dijejerin sama aming. gantengan mana hayo?

  8. 7 Februari 2012 pukul 21:55

    saya pake fdr sport xr evo, tanpa alur tengah buat depan belakang. menurut perasaan saya, ban ini jauh lebih ngegrip dibanding ban standar di jalan basah maupun kering.. air yang terciprat dari ban jauh lebih banyak dari ban standar, terlihat dari knalpot yang menjadi jauh lebih kotor setelah kehujanan..

  9. 33 Dismas
    13 Februari 2012 pukul 01:41

    Wah, josss. Ban Corsa… Nabung dulu lah 😀

  10. 14 Februari 2012 pukul 18:48

    ane sendiri pake ban soft compound FDR XT di depan dan FDR MP57 di belakang. motor ane shogun SP. ban racing boros? sedikit lebih boros, tapi gripnya yang ane cari. di komunitas alayers ane, ane yang paling expert di cornering (ga sombong kok :mrgreen:). ane juga baru ganti ban belakang setelah 1,5 taon pemakaian. pemakaian hampir tiap hari dengan jarak tempuh harian minimal 20 km. jadi siapa bilang pake ban balap harus ganti 5x setaon?? :mrgreen:

    nyang punya blog udah pernah nyoba ban balap belum? jangan dijudge dulu sebelum dicoba. pake ban balap jauh lebih mumpuni dibandingkan ban standar, apalagi ban tukang becak. :mrgreen:

    kita ga akan pernah tau kapan kita harus hard braking menghindari angkot. kita ga akan pernah tau kapan kita harus hard cornering kala diuber2 garong. we’ll never know.

  11. 9 Maret 2012 pukul 16:28

    sepakat brother,
    ane jg terlanjur salah beli ban gara2 telat baca blog ente.
    tp mo dikata apa, sementara ya pake dl sampe dpt dana lebih
    buat gantinya

    ni kuda besi ane bro :
    http://janters.blogspot.com/2012/02/lampung-bogor-naik-motor.html

  12. 38 Octa King Mx
    1 Juni 2012 pukul 12:06

    mnurut sya, yg make ban cungkring di jln raya tu yg baru maen motor ato yg nyari style. yg ikut balap liar malam pun ga da yg make ban cungring, kcuali yg mejeng, numpang lewat doang.

    Dulu waktu saya sma, th 90 awal make King jaman knalpot kolong plus het y1 n trondol. sneng maen betot” /akseleri ga nyari top spit slalu nyari ban yg bkn cungkring. Skarang make mx 2009 ban dpan make dravo 80/80 dan blakang sport xt 90/80 model race tube. Sengaja nyari ini karna soft dan pake garis tengah.
    mnurut sya, tugas yg depan hanya di dorong” dan sanggup berhenti cepat. (jlan bpasir n krikil ban apa aja pasti ngesot). Sdangkan ban blakang punya tugas berat saat jalan. Menjaga keseimbangan saat lurus, ngebut dan nikung. Belum lg bebannya kalo di engine break yg jauh lebih berat dr pd rem kaki. Trims

  13. 28 Juni 2012 pukul 10:50

    gan,new shogun sp bagus nggak pke ban trail?

  14. 15 Oktober 2012 pukul 11:43

    kalo ane menghindari pengunaan alurban sepanjang garis tengah ban, itu yang paling ga safty bro, terutama jalan jelek dan lurus, selain mengurangi grip ban, ban yang di pake biasanya ukuranya jauh lebih besar, alesan kenapa ban besar bahaya ya modelnya yang meruncing, apa lagi adanya lubang di tengah, akhirnya tapak ban saat kita melaju lurus sangat minim, dan bila kita paksakan rem, lajur motor tetep nyelonong, atau malah selip, ane prever lajur ban yang tengahnya ompong, tapi di pingirnya banyak garis garis, jadi grip saat lurus tetap baik, saat hujan tetep aja ada gaya geseknya

  15. 20 November 2012 pukul 00:19

    hajaajajaajajaj
    selera orang beda beda mas bro jadi jgn jelek jelekin gtu kaahh keep suport ajah toh ada apa” di taggung sendiri mah. . . dan motor ane sendri aja pke ban blakang sport MP 76 ban buat rainy dan dray dan ban dpn pkek irc razzo 166 yg juga sama” bisa dray ama rainy masalah corner mengcorner bisa diatasin mau ampek foot step gasruk juga oke kok tapi foot steep standar loh 😀

  16. 3 Februari 2013 pukul 21:49

    Gaya itu hak orang …. H A M nya orang …. Tau. …

  17. 7 Maret 2013 pukul 17:49

    Mau mati … Pake corsa … Mau hidup aman pake IRC. ……bagusan IRC dari Corsa .. Jauh … Corsa dibikin dari karet ban bekas …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Experience:

  • 165,466 points

Member of:

Yang punya warung:

Kalender:

Februari 2012
S S R K J S M
« Nov   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: