01
Feb
12

ini dia busi tokcer buat new mega-pro

Sebelum saya punya niat buat beli busi ini, saya coba cari di toko-toko sparepart sepeda motor, bengkel resmi/tidak resmi (Honda) bahkan seorang kerabat yang kerja di salah satu dealer Honda di Surabaya udah saya hubungi. Apalagi kalo bukan gara-gara penasaran “bener gak sih busi ini ga ada di pasar sparepart motor di Indonesia…???”. Setelah dua bulan ngubeg-ubeg dealer-dealer dan segala macem bengkel dan toko sparepart motor dari Surabaya, Gresik, Kediri dan Jombang ternyata emang busi ini gak dipasarin di sini (Indonesia-Jawa Timur khususnya).

Setelah saya yakin dan pasrah setelah dua bulan muter-muter ga nemu yang jual akhirnya saya pastikan deal beli busi ini ke sipenjual. Kebetulan kita ketemunya (sipenjual) pas liat-liat gambar disebuah grup di situs jejaring kondang Facebook. Setelah saya telusuri eeeeh..ternyata sang empunya busi ini juga orang Surabaya, kebetulan banget deh… Sekali kopdar saya langsung tau busi ini tokcer banget buat NMP (New Mega-Pro) dari temen-temen yang juga udah buktiin kasiatnya. Selain itu busi ini bikin tarikan lumayan kenceng untuk busi kelas standar.

NGK CPR9EA-9 ya..kalian pasti udah gak asing lagi dengan busi merk NGK. Menurut saya busi ini juga mungkin gak terlalu hebat dibanding busi racing, iridium dan sejenisnya. Tapi ada satu hal yang perlu kalian ketahui, jika kalian pernah buka dan copot busi di New Mega-Pro kalian maka tampak tipe dari busi asli bawaan pabrik. Disitu tertera tipe busi yang mirip dengan busi ini yaitu NGK CPR8EA-9 (CMIIW), bener mirip kan??? Usut punya usut ternyata bila dicermati dalam buku manual yang kita dapat bila beli motor baru dijelaskan bahwa busi asli New Mega-Pro pakai tipe NGK CPR9EA-9 tapi pada kenyataanya yang nancep di piston NMP yaitu NGK CPR8EA-9. Kenape begitu..nah saya juga ga tau… :mrgreen:

Keampuhan busi ini memang belum saya uji maksimal, tapi perbedaan udah saya rasakan di tarikan-tarikan awal sejak saya pakai busi ini. Motor saya yang belum pakai busi ini aja tarikannya udah mantab abis apalagi setelah saya pakai busi ini. Jujur semakin tambah usia saya juga semakin takut lari’in motor kenceng-kenceng. Tapi kurang puas rasanya kalau tarikan motor cuma biasa-biasa aja. New Mega-Pro saya masih standar kog..tapi gak ada salahnya kan sedikit naikin performa motor :mrgreen:

Bila kalian pengen dapetin busi ini (NGK CPR9EA-9) silahkan klik http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10221261

30 Responses to “ini dia busi tokcer buat new mega-pro”


  1. 1 Februari 2012 pukul 01:01

    naik 10 DK Xixi
    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/01/
    desain-motor-yang-mirip-dengan-
    pulsar-200-ns/

  2. 6 tuwek
    1 Februari 2012 pukul 01:14

    nek busimu dewe mancep e nang gang lebar yo…? Wkwkwk

  3. 1 Februari 2012 pukul 08:19

    Sing duwe gang lebar muncul. ” OEEEEE….. BALIK CONK!!! LALI DURUNG BAYAR KIEEE!!!!!”
    :mringis:

  4. 14 Waludjo
    1 Februari 2012 pukul 09:22

    wah payah ni AHM gak serius dg sparepart sportnya, masak cm busi aja bengkel resmi pada gak punya….
    kasihan konsumen harus muter otak buat cari part subtitusi….

  5. 1 Februari 2012 pukul 09:24

    NIce info nih, kapan waktu akan di coba di NMP saya 🙂

    update terus ya om soal ini, makasih.

  6. 1 Februari 2012 pukul 09:45

    aq pake cr8 muantep, pengen nyari yg cr9 😀

  7. 1 Februari 2012 pukul 18:31

    itu rekomendasikan untuk high speed bro,kalo standarnya aja,CPR8EA-9,kalo gak ada di AHASS bisa beli di BeRes Yamaha,sama dengan yang dipake byson

  8. 21 medmamed
    1 Februari 2012 pukul 21:49

    cr8 sm cr9 mah sama ajah…..kode 8 sm 9 itu kan buat nunjukin kerja optimal businya di suhu tertentu…. makin tinggi angkanya,, lebih optimal di suhu tinggi,tp belom meletik optimal di suhu rendah..tp sebaliknya makin kecil angkanya busi gampang meletik optimal ga perlu suhu yg tinggi…. intinya cr 8 bagus buat penggunaan harian, stop n go,,,, cr 9 buat penggunaan turing jarak jauh….. kalo istilah bengkel mobil,, busi dingin sm busi panas…. performa mah SAMA AJA….

    • 1 Februari 2012 pukul 22:19

      nah info yang bagus bro..
      tp yg saya bingung setelah cr8 saya ganti ke cr9 ada perbedaannya..saya tau dari bau gas buangnya. Baunya berbeda saaat masih pake cr8. Menurut saya atao hanya perasaan saya aja,setelah pakai cr9 pembakaran jauh lebih bagus. Dan kebetulan pekerjaan saya bisa dibilang turing jarak jauh, total bisa 6 jam saya diatas motor 🙂

  9. 23 medmamed
    1 Februari 2012 pukul 21:52

    kalo ada yg bilang performanya beda,,, imho cuman sugesti n marketing gimmick aja…..

  10. 24 penggemar ninja
    2 Februari 2012 pukul 09:12

    kenapa pake busi dingin bos..? emang kompresi motornya tinggi ya

    itu kan kode busi dingin tuch

  11. 25 the elbowz #11
    2 Februari 2012 pukul 10:01

    coba pake type G power, .. 30-40rb rasakan sendiri bedanya…

  12. 3 Februari 2012 pukul 22:36

    jozzzzzzzz tenan inpo e kang…

  13. 24 Maret 2012 pukul 16:31

    sebenernya sama aja.cm krn itu busi baru maka jelas terasa lebih enak. coba aja ganti yang std tp yang baru pasti sama aja.cek jg kerenggangan.jgn 2 dibikin agak tlrengang biar tarikan enak.

  14. 4 April 2012 pukul 22:35

    “mungkin gak terlalu hebat dibanding busi racing, iridium dan sejenisnya.”

    jadi kelebihannya nih busi apa om? kok harganya bisa lbi mahal dari iridium? malah saingan ama NGK laser iridium 🙄

  15. 14 Juli 2013 pukul 00:32

    You don’t have to hit the gym for two and three hours each day to lose weight, but it does help to squeeze in 30 minutes of physical activity each day. Withdrawal from levothyroxine can be done but it takes 6 weeks of withdrawal for the remaining thyroid tissue to be completely starved. Do not be tempted to lose weight as quickly as you can, because a crash diet will have you eating less than a thousand calories a day slowing down your metabolism.

  16. 30 jago balap
    22 Desember 2013 pukul 23:52

    busi yang penting beli asli, sekarang banyak busi palsu di pasaran


Tinggalkan Balasan

