Setelah sebelumnya pada tanggal 17 September dan 27 September 2011 kemarin saya menulis tentang performa New Supra X 125 Helm In, ternyata ada yang berbeda (lagi) tentang mesin bebek praktis dan handal ini. Weladalah..ternyata mesinnya berbeda banget sama Supra X 125 yang notabene jadi kiblat “Si Helm In”. Perbedaan ini tampak dari kompresi dari Supra X 125 yang biasa yaitu 9,0:1 dan untuk New Supra X 125 Helm In menggunakan 9,3:1. Meski platform mesinnya masih sama, tapi beberapa pengembangan dilakukan untuk memaksimalkan performa “si helm in”. Akan tetapi sudah jelas kenapa pengembangan ini dilakukan karena memang untuk menunjang bobot dan dimensi New Supra X 125 Helm In agar performa dan akselerasinya maunteeeebbb….
Dari dapur pembakarannya sudah tidak lagi menggunakan piston yang berlapis molybdenum di sisi-sisinya. Tapi kini ada 3 alur oli dan permukaanya dindingnya didesain beralur untuk menyimpan lebih banyak oli. Bukan cuma piston yang baru, setang pistonnya pun dibuat lebih pendek. Yang lama 100 mm, sedang yang baru berkode KVB yang sama dengan Honda Vario ini cuma 92,7 mm. Meski lebih pendek tapi stroke-nya tetap. Karena setang piston lebih pendek, maka silinder blok-nya juga jadi lebih pendek sehingga tidak bisa saling tukar dengan Supra X 125 versi sebelumnya. Waduh..kog malah gak bisa kanibal²an yaaaa…….. 😉
Pada klep in New Supra X 125 ini memiliki diameter 25,5 mm, naik 1,5 mm dibanding generasi sebelumnya yang cuma 24 mm, sedang klep out tetap sama yaitu masih pakai 21 mm. Noken as-nya juga baru, yang kini tampak agak lebih gendut meski secara durasi buka tutup klep dan lift-nya tak jauh berbeda. Noken as baru ini juga memiliki perbedaan pada baut sproket yang kini hanya pakai 1 baut, mirip di New Blade. Sistem dekompresi yang melekat di noken as juga telah mengaplikasikan prinsip sentrifugal sama seperti Honda All New CBR 150R. Istimewamya lagi, rocker arm-nya enggak cuma dilengkapi dengan roller saja tapi juga ditambah bearing model bambu di as-nya. Sehingga mengurangi gesekan, dan efeknya tentu saja meningkatkan segi efisiensi pada mesin.
Agar perpindahan gigi lebih halus, Honda menambahkan 3 buah per di rumah kopling. Posisinya dibagi tiap 120 derajat, fungsinya untuk merenggangakan kopling saat ditekan sehingga pergeserannya lebih rata dan lembut. Sistem pengapian Supra X 125 Helm In sudah mengadopsi Honda Variable Ignition Control yang sama seperti Honda New Blade bahkan sepul pengapiannya juga mengadopsi teknologi sipembunuh Jupe (New Honda Blade) tersebut. Pengapian terdiri dari 2 map yang bisa berubah otomatis sesuai gaya berkendara tidak lagi membutuhkan sensor di throttle. Jadi jangan shock kalau di karburatornya tidak ada lagi throttle switch system atau TSS.
Wah..wah…jadi memang gak cuma ganti baju dan fasilitas doank mas bro..
Sumber dari :Motor Plus
Jos
Nitip kang..
weleh..pertamaxxx to..
sip
okeh..
siiiiip
jooosssssss………
masih perlu bebek ??
masih doooong…kan sesuatu banget
Mantap!
jempol…
Aseeeek
asoloooleeeeh….
klo woman in gmn? Sesuatu bgd gak?
jelas beda’…
mantaab..
siiip lah…
boleh lah gan.. 😀
okeh….
Nice, AHM mungkin sudah mulai berubah, gk cuman face lift doank..moga2 ke depannya terus begitu
dan semoga bisa ditiru oleh kompetitor yang lain
Menyimak dl , ditunggu ketangguhanya di motoprix dan indoprix tinggal ganti baju yg lbh ramping di race
ide bagus mas..saya yakin bila menggunakan mesin ini di kelas bebek 125, Supra X 125 akan jadi lawan yg perlu diperhitungkan
wohh..disinyalir biar bisa ngerek tenaga barang bawaanya..apalagi nih motor juga muat beruang lo..wkwkkw
berung coklat in..wakakakakak 😀
Mantab memanglah….saya juga baru beli nih supra..
weeeits….selamat mas bro 🙂
hasil pengembangan mesin supra x125 + mesin blade kayaknya …. teknologi yg bagus di 2 mesin itu di gabungin …
siiplaah
itulah hebatnya Honda mas bro..gimana, tertarik? 🙂
Klo gue sih lebih suka pria yg punya penis kayak supra x helm in mas, habis enak tenan sih
JOSSSSSSSSSSSSS lah,,asekkkkkkkkkkkkkk
ini baru perubahan nyata,,, g kayak jupiter gur ganti cat pager tujuh belasan (putih)
mesin sebelah kiri kok spt ada ketukan, kenapa aya, mohon pencerahannya
Blade ..si pembunuh jupe.menarik sekali.
Dan kenyataannya sekarang blade terbunuh bersama supra helm in oleh jupe zi fi….
Blade,helmin,spacy…produk gagal seperti kirana dan cs one…
lalu bedanya sama supra x 125 karbu gen 1 yangpake knalpot selonjoran apa soalnya kompresi juga 9,3:1 lho.
memang di supra x 125 gen 2 atau supra batman kompresi diturunkan jadi 9,0:1
Ijin komen nih gan, spec teknis sih ok, itungan rumus ok,uji berjalan belum tentu,saya punya sekarang februari 2018 genap 4 tahun km baru 45rb an,dari pertama terima saya udah komplain sampai claim dengan alasan QC gak beres(getaran mesin,dengung di speed 80km up)krn sudah biasa dgn supra dan sedikit paham mesin jadi kl ada yg kurang beres bisa terasa.saya pake turing ke gunung salak gak kuat nanjak terpaksa di titip di rumah warga yg ada warkopnya, persiapan motor sebelum turing udah ok. November2017 ganti semua yg hubugan dengan rantai keteng karena suara khas daerah itu,januari 2018 kumat lg n ganti semua part hubungan dengan keteng.claim garansi 3 tahun atau 50rb km(mana duluan)sudah dikerjakan tapi gak pengaruh dengan keluhan di awal.kesimpulannya teknis dan rumus yg ok itu kalau dirakit dan QC target jualan ya jadi gak beres(walaupun tidak semua unit bisa aja cuma unit yang saya beli yg QC ngawur karena target produksi),saya tidak merasakan hebat spec n teknis supra x 125 helm in pgmfi secara maksimal,terima kasih mohon maaf jika ada salah tulis dan salah kata
bos supr HELEM IN KO DAH D BONGKAR GA MAU ALUS STLAN KLM KENDOR TERUS ..KYA BERING BAMBU ROKER AREM KENA ..APLIKASI BISA OAKE PA YA ROKER AREMNYA
Assalamualaikum. Apakah blok kop blok silinder supra injeksi betmen (kph) bisa dipasang ke new fi (kyz) ? Ataukah banyak rubahan ? Terima kasih